Cara Mengatasi HP Rusak Terkena Air [pertolongan pertama]

Cara Mengatasi HP Rusak Terkena Air – therantnation.com. Anda tipe orang yang selalu membawa HP ke mana saja? HP anda jatuh dan masuk ke dalam air? Langkap pertama yang harus anda lakukan untuk menanganinya adalah tenang dan jangan panik.

Memang untuk menanganinya kita perlu gerak cepat agar air tidak masuk ke dalam sistem dalam HP yang lebih dalam, namun apabila kita tidak tenang, kinerja kita dalam menanganinya akan lebih lambat dan terhambat.

Langkah selanjutnya anda harus bergerak cepat untuk menanganinya. Jangan biarkan air masuk lebih dalam karena sejatinya air adalah musuh dari perangkat elektronik.

Kemungkinan yang terjadi apabila HP sudah terkena air antara lain: HP mati sementara, HP blank, beberapa tombol HP tidak berfungsi, bahkan HP mati total.

Cara Mengatasi Hp Rusak Terkena Air Yang Benar

5 Cara Mengatasi HP Rusak Terkena Air

Apabila sudah terlanjur terjadi, atau bahkan HP anda terendam dalam air maka anda perlu melakukan hal berikut:

Selamatkan HP

Ambil dan jauhkan HP dari air. Jangan goyang-goyangkan HP yang terkena air tersebut, agar air yang masuk ke dalam tersebut tidak merambat dan menyebar masuk ke dalam sistem maupun komponen yang lain.

Matikan Perangkat HP

Jangan langsung menghidupkan HP yang basah tersebut karena kemungkinan bisa menyebabkan konsleting bagian-bagian elektronik yang memiliki arus listrik dalam HP tersebut.

Keringkan HP

Lepaskanlah komponen HP seperti casing, baterai, SIM Card, SD Card dan keringkan menggunakan handuk maupun tisu di bagian-bagian yang kadang kita tidak menyangka akan kemasukan air, lakukan dengan hati-hati.

Jemur dan biarkan benar-benar kering untuk beberapa waktu. Namun jangan jemur HP di terik matahari, karena akan menimbulkan masalah lain.

Untuk kalian yang tidak memiliki pengetahuan tentang komponen HP jangan coba membongkar HP anda sendiri, karena apabila ternyata HP anda tidak rusak parah akibat terkena air malah anda yang akan kesulitan apabila menemukan masalah lain setelah membongkar HP anda.

Kubur dalam Beras

Hal ini mungkin cukup konyol untuk dilakukan, namun beberapa pengalaman mengatakan bahwa ide ini berfungsi. Karena apabila kita merendam perangkat yang tadi sudah dilepas dari HP ke dalam beras, beras akan menyerap air-air yang tadinya masih di dalam HP karena beras bersifat elektrostatis.

Rendamlah / kuburlah komponen tersebut dalam sekotak beras dan tunggu sampai ±12-24jam. Apabila kalian khawatir terlalu lama menunggu dan HP tidak akan menyala, ada bisa pergi ke tempat service Hp untuk menanyakan solusinya.

Cara Mengatasi Hp Rusak Terkena Air

Hidupkan Kembali HP

Pasang kembali perangkat HP yang sudah dilepaskan sebelumnya, dan charge baterai HP hingga penuh, lalu nyalakan kembali HP.

Ingatlah untuk tidak panik saat HP masuk ataupun terkena air. Pastikan anda melakukan pertolongan pertama untuk mengatasi HP rusak terkena air seperti yang dijelaskan di atas.

Apabila kalian sudah melakukan hal di atas namun HP tetap tidak mau kembali menyala, bawalah HP anda ke counter service HP yang terpercaya. HP yang tidak mau menyala lagi setelah melakukan hal di atas kemungkinan karena air yang masuk ke dalam komponen HP sudah menyebar dan sudah terkena air terlalu lama.

Perlu diingat juga, apabila anda membawa HP yang sudah diberi pertolongan pertama tersebut ke tempat service karena tidak berhasil, pastikan anda membawa ke tempat service yang terpercaya.

Sebab ada beberapa counter service yang menyalah gunakan jasanya dan malah hanya membesarkan uang untuk biaya servicenya padahal rusaknya tidak parah. Kalau bisa, anda tunggu dan pantau, jangan tinggalkan HP anda di counter service tersebut.