Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas – therantnation.com. Xiaomi terkenal sebagai handphone spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau. Namun, banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa handphone ini cepat panas. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP Xiaomi cepat panas.

Lalu apa dampak dari handphone yang cepat panas? Tentu saja hal ini akan mempengaruhi performa ponsel dan menyebabkan kelambatan dalam menjalankan berbagai aplikasi. Risiko paling parah adalah baterai yang bocor atau fungsi komponen yang tidak aktif.

Apabila sebuah baterai sudah mencapai puncaknya dan bocor, maka mau tidak mau baterai HP tersebut harus segera diganti dan tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Maka disini wajib bagi kita semua mengetahui bagaimana caranya mengatasi HP Xiaomi cepat panas agar tidak menjadi fatal.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Cepat Panas Dengan Mudah

3 Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas dengan Cepat

Ada beberapa cara untuk mengatasi HP Xiaomi cepat panas yang dilakukan dengan cepat dan mudah. Namun tetap saja membutuhkan sedikit waktu untuk menurunkan suhu panas tersebut. Masih penasaran? Berikut ulasannya.

1. Memberikan Jeda Penggunaan

Jangan terlalu berlama-lama menggunakan ponsel, baik itu untuk menonton video, memutar musik, atau bermain game. Berikan jeda setelah beberapa lama penggunaan. Sebagai contoh, setelah penggunaan 2 jam istirahatkan handphone minimal satu jam untuk kembali ke suhu normal. Hal ini juga membuat mata Anda beristirahat dari paparan layar ponsel yang bisa merusak mata.

2. Menempelkan di Lantai atau Permukaan Kaca

Cara ini bisa secara instan menurunkan handphone yang sedang panas. Letakkan handphone di permukaan yang dingin seperti lantai atau kaca selama beberapa menit. Suhu handphone akan menurun secara drastis dalam waktu singkat. Akan tetapi, cara ini hanya digunakan untuk jangka pendek saja. Bukan berarti dengan adanya cara ini Anda tetap bisa menggunakan handphone di luar batas.

3. Memberikan Ruang pada Memori

Setidaknya sisakan 30% dari memori handphone Anda untuk membuat performa ponsel berjalan normal. Memori yang terlalu penuh bisa membebani mesin dan membuat ponsel cepat panas. Hapus aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting. Jika tidak, tambahkan memori eksternal untuk menambah ruang penyimpanan.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Cepat Panas Dengan Mudah Dan Cepat

6 Penyebab Handphone Xiaomi Cepat Panas

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan HP Xiaomi bisa membuat panas. Untuk itulah ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab dari HP yang bisa cepat panas.

1. Penggunaan Widget Berlebihan

Salah satu keunggulan handphone Xiaomi adalah widget yang lengkap dengan berbagai fitur. Akan tetapi, penggunaan yang berlebihan justru akan membuat RAM menjadi terbebani. Hasilnya, baterai akan menjadi lebih boros dan suhu mesin akan meningkat dengan menjalankan banyak program. Sebaiknya gunakan widget seperlunya saja seperti jam, kalender, dan google search.

2. Sinyal yang Lemah

Anda akan lebih sering mengalami handphone cepat panas ketika berada di daerah yang susah sinyal. Hal ini disebabkan ponsel akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal dan membuat mesin menjadi lebih cepat panas. Jika hal ini terjadi di tempat tinggal Anda, maka sebaiknya segera ganti provider dengan sinyal yang lebih baik di daerah tersebut.

3. Menggunakan Ponsel Sambil Dicharge

Sebenarnya hal ini tidak boleh dilakukan di handphone jenis apapun. Mengisi daya sambil digunakan sangat tidak baik untuk performa handphone. Pada awalnya, mungkin Anda akan merasa untung karena bisa menggunakan ponsel tanpa takut baterai berkurang. Akan tetapi, jika dilakukan terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang, baterai akan menjadi cepat rusak dan mesin handphone cepat panas.

4. Penggunaan yang Tidak Wajar

Jangan sampai karena memiliki spesifikasi yang tinggi membuat Anda lupa waktu untuk menggunakan handphone ini. Sebagai contoh, Anda memainkan game berat berjam-jam tanpa kenal istirahat. Walaupun tidak mengalami lag, namun kebiasaan ini akan membuat performa handphone menjadi menurun. Selain itu, kesehatan mata Anda juga akan terganggu jika menggunakan handphone secara berlebihan.

5. Banyak Aplikasi yang Berjalan

Penyebab berikutnya kenapa HP Xiaomi menjadi cepat panas adalah banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Meskipun sudah keluar dari aplikasi, namun sebenarnya sistem masih membuka aplikasi tersebut di latar belakang. Oleh karena itu, Anda harus mematikan aplikasi tersebut.

Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan dan pilih menu Aplikasi. Tap pada kolom Running dan matikan aplikasi yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan. Hal ini akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih ringan karena lebih sedikit aplikasi yang dijalankan.

6. Kecerahan Layar yang Terlalu Tinggi

Mungkin Anda pernah merasakan ketika di siang hari ponsel menjadi lebih cepat panas dari biasanya. Selain karena faktor suhu di siang hari, faktor kecerahan layar juga ikut berpengaruh, apalagi jika Anda mengaktifkan kecerahan layar otomatis. Dalam cahaya yang tinggi, maka secara otomatis kecerahan layar juga akan meningkat dan ini bisa menyebabkan handphone menjadi cepat panas.

Baca : Cara Melihat Catatan yang Disembunyikan di HP Xiaomi dengan Mudah

Itulah beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi HP Xiaomi cepat panas. Dengan begitu, usia handphone Anda akan menjadi lebih panjang dan performa akan terjaga. Jangan sampai karena terlalu menikmati gaharnya ponsel ini, Anda sampai lupa untuk memberikan perawatan yang layak.