Cara Mengatasi Notifikasi Telegram Tidak Muncul – therantnation.com. Terdapat beberapa aplikasi chatting yang populer di Indonesia mulai dari Line, WhatsApp, Facebook Messenger, hingga Telegram. Telegram sendiri merupakan aplikasi chatting yang memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan, berbagi audio, foto, video, hingga mengirim file.

Namun salah satu masalah yang kerap terjadi adalah notifikasi tidak muncul, sehingga membutuhkan cara mengatasi notifikasi Telegram tidak muncul. Notifikasi Telegram yang kerap tidak muncul tentu sangat merepotkan.

Karena Anda tidak mendapatkan pemberitahuan chat masuk, sehingga Anda juga tidak dapat membalas pesan masuk tersebut dengan cepat. Khusus untuk pengguna aplikasi Telegram, berikut ini cara untuk mengatasi notifikasi Telegram tidak muncul untuk Android maupun iOS.

Cara Mengatasi Notifikasi Telegram Tidak Muncul Dengan Mudah

4 Cara Mengatasi Notifikasi Telegram Tidak Muncul yang Mudah

Berikut ini cara mudah mengatasi notifikasi Telegram tidak muncul yang kerap tidak muncul bagi yang menggunakan smartphone Android.

1. Mengizinkan Telegram Bekerja di Background atau Latar Belakang

Mungkin saja terjadi beberapa perubahan pengaturan pada smartphone Anda, dan hal tersebut menjadi penyebab mengapa notifikasi pesan baru Telegram tersebut tidak muncul. Contohnya seperti pengaturan “Background App Refresh” untuk aplikasi yang bekerja di latar belakang. Sehingga perlu memastikan aplikasi Telegram telah berjalan di background.

  1. Pertama-tama buka menu Pengaturan atau Settings pada smartphone Anda.
  2. Setelah itu klik pada opsi menu “Penggunaan Data” atau “Data Usage“. Untuk beberapa tipe smartphone mungkin perlu mengakses menu “Network and Internet” terlebih dahulu.
  3. Setelah itu klik pada opsi menu “Mobile Data Usage“.
  4. Selanjutnya pilih aplikasi Telegram yang tertera pada daftar.
  5. Klik pada opsi menu “Izinkan penggunaan data latar belakang” atau “Allow background data usage“, aktifkan dengan menggeser toggle di sebelah opsi menu tersebut.

2. Mengaktifkan Fitur Autostart

Cara mengatasi notifikasi Telegram yang mau tidak muncul adalah dengan mengaktifkan fitur Autostart. Fitur ini apabila notifikasi pesan masuk yang tidak muncul diakibatkan oleh pembatasan aplikasi keamanan.

Sehingga notifikasi pada aplikasi Telegram tertahan oleh aplikasi keamanan atau security pada HP Anda, dan menyebabkan notifikasi pesan masuk tidak muncul. Untuk mengatasinya, berikut ini cara yang dapat dicoba:

  1. Pertama-tama buka aplikasi Keamanan atau Security pada smartphone Anda.
  2. Setelah itu klik pada opsi menu “Permission“.
  3. Selanjutnya pilih pada opsi “Autostart” lalu klik pada aplikasi Telegram.
  4. Pastikan fitur Autostart pada smartphone Anda dalam keadaan aktif.
  5. Setelah itu restart atau mulai ulang smartphone Anda.

3. Mengatur Notifikasi Telegram

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab mengapa notifikasi pesan masuk Telegram baik pesan pribadi ataupun grup tidak dapat muncul adalah karena pengaturan penerimaan notifikasi dinonaktifkan. Untuk itu perlu mengaktifkannya kembali dengan cara berikut ini:

  1. Pertama-tama buka menu Settings atau Pengaturan pada smartphone Anda.
  2. Setelah itu pilih pada opsi menu “Aplikasi Terinstal” atau “Aplikasi dan Notifikasi“, atau “Installed Apps” atau “APPS“.
  3. Jika sudah klik pada opsi menu “notifikasi” atau “notifications“.
  4. Selanjutnya scroll layar untuk mencari aplikasi Telegram.
  5. Setelah itu aktifkan notifikasi aplikasi Telegram dengan menggeser toggle di sebelah opsi menu tersebut.

4. Mengatur Settings (iOS)

Pengguna smartphone iPhone juga tak jarang mengalami masalah yakni notifikasi pesan masuk yang tidak muncul. Atau jika tidak, notifikasi pesan baru muncul namun dalam jangka waktu tertentu dan kerap disebut dengan istilah “Telegram delayed notifications in iPhone“. Untuk mengatasi masalah notifikasi pada iPhone, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama buka menu Pengaturan atau Settings pada iPhone Anda.
  2. Setelah itu klik pada opsi menu Telegram.
  3. Selanjutnya klik pada opsi “notifikasi” atau “notifications“.
  4. Jika sudah, aktifkan notifikasi Telegram pada iPhone dengan menggeser toggle yang terletak di sebelah opsi menu “Allow Notifications“.

5 Penyebab Notifikasi Telegram Tidak Muncul

Notifikasi aplikasi Telegram yang tidak muncul dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

1. Koneksi Internet

Salah satu penyebab notifikasi Telegram tidak muncul adalah karena koneksi internet bermasalah. Periksa kembali koneksi internet ponsel Anda apakah terhubung atau tidak. Pasalnya, mungkin saja lupa mengaktifkan koneksi internet di HP Anda.

2. Lupa Menghapus Cache

Apabila telah memeriksa koneksi internet dan tidak ada masalah apapun, mungkin saja masalahnya terletak pada cache HP yang lama tidak dibersihkan. Cache menumpuk dan tidak dihapus menyebabkan ponsel lemot dan menyebabkan beberapa masalah pada smartphone, salah satunya notifikasi pesan dari aplikasi yang tidak muncul.

3. Izin Aplikasi

Tak jauh berbeda dengan aplikasi lain yang membutuhkan izin untuk dapat mengakses ponsel, Telegram juga memerlukan izin agar dapat mengakses perangkat smartphone Anda.

Sehingga bukan tak mungkin notifikasi pesan tidak muncul dikarenakan terdapat beberapa izin yang belum dikonfirmasi, salah satunya izin agar aplikasi dapat bekerja di latar belakang dengan maksimal.

4. Pengaturan Pemberitahuan

Pengaturan pemberitahuan pesan masuk Telegram yang tidak sengaja dinonaktifkan, juga dapat menjadi salah satu penyebab mengapa notifikasi pesan masuk tidak muncul di ponsel Anda.

5. Aplikasi Belum Diperbarui

Apakah aplikasi Telegram yang digunakan masih versi lawas? Jika iya, mungkin saja hal tersebut menjadi penyebab mengapa notifikasi pesan Telegram tidak muncul di HP Anda. Untuk itu dapat meng-update Telegram ke versi terbaru terlebih dahulu.

3 Kelebihan Telegram Dibandingkan Dengan Aplikasi Chat Lainnya

Telegram menyuguhkan beragam keunggulan yang tidak dapat ditemukan di aplikasi chat lainnya, diantaranya:

1. Berbasis Cloud-Based Message

Telegram memiliki keunggulan yakni pesan berbasis awan atau Cloud-Based Message, sehingga dapat berkomunikasi dengan pengguna Telegram lainnya tanpa batasan gadget atau device.

2. Lebih Fleksibel

Telegram termasuk dalam aplikasi perpesanan fleksibel, karena memungkinkan penggunanya untuk membuat fitur tambahan yang dapat disertakan pada aplikasi Telegram.

3. Memiliki Fitur Channel

Fitur Telegram tak kalah menarik adalah fitur Channel yang digunakan untuk komunikasi satu arah. Dengan fitur Channel, hanya perlu menulis pesan dan secara otomatis pesan akan terkirim ke orang yang mengikuti Anda.

Telegram Cocok Digunakan untuk Siapa Saja?

Telegram sangat cocok digunakan siapa saja, baik orang biasa hingga para penjual yang ingin memasarkan produknya melalui online. Pasalnya jumlah pengguna Telegram terus meningkat hingga saat ini, sehingga Telegram dapat digunakan sebagai strategi marketing tepat untuk memasarkan produk Anda.

Telegram Bot juga menjadi platform yang cocok untuk berbisnis, karena menyediakan beragam fitur lengkap mulai dari fitur broadcast, penjadwalan, reminder atau pengingat, integrasi dengan perangkat lain, dan lain sebagainya.

Tips Menggunakan Telegram

Tips Menggunakan Telegram!

Apabila termasuk pengguna baru Telegram, berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan agar privasi tetap terjaga.

  • Tak lupa matikan pratinjau pesan, agar orang lain di sekitar Anda tidak dapat membaca pesan baru masuk di aplikasi Telegram.
  • Gunakan Secret Chat untuk membuat percakapan rahasia.
  • Sembunyikan Last Seen agar pengguna lain tidak mengetahui kapan terakhir kali menggunakan aplikasi.
  • Kunci percakapan Anda dengan passcode agar lebih aman.

Baca : 2 Cara Menghapus Akun Google Play Store di Android, Pasti Berhasil!

Penutup

Demikianlah tata cara mengatasi notifikasi Telegram tidak muncul di HP Android maupun iPhone. Sehingga kini Anda dapat mengirim dan membalas pesan masuk Telegram dengan cepat. Semoga bermanfaat dan silahkan melanjutkan aktifitas Anda 🙂 Terimakasih sudah berkunjung 🙂