Menghapus Banyak Aplikasi Android Sekaligus – therantnation.com. Banyaknya pilihan aplikasi di Google Play Store membuat penggunanya kerap meng-install beragam aplikasi, seperti game, edit foto, dan lain-lain. Mulai dari berbayar hingga gratis, toko aplikasi menawarkan ribuan pilihan aplikasi yang mungkin tidak Anda perlukan namun tetap dipasang pada smartphone.

Karena itulah, Anda bertanya-tanya bagaimana cara murah untuk menghapus banyak aplikasi Android sekaligus. Pasalnya, terlalu banyak aplikasi yang terpasang di perangkat Android dapat menjadi salah satu penyebab mengapa smartphone kerap mengalami lag. Aplikasi yang ter-install tersebut memakan banyak storage atau ruang penyimpanan, sehingga membuat kinerja ponsel menjadi tidak optimal.

Salah satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan meng-uninstall atau mencopot pemasangan beberapa aplikasi yang tidak diperlukan. Namun untuk dapat mencopot pemasangan banyak aplikasi sekaligus, Anda memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga. Langsung saja berikut ini cara menghapus banyak aplikasi Android sekaligus di perangkat Android!

Tips Dan Cara Menghapus Banyak Aplikasi Android Sekaligus

5 Cara Menghapus Banyak Aplikasi Android Sekaligus dengan Mudah

Berikut ini untuk list tips dan cara untuk menghapus banyak aplikasi Android sekaligus tanpa perlu repot lagi dan cukup mudah digunakan orang tua ataupun yang belum paham tentang aplikasi.

1. Aplikasi Clean Master / Phone Cleaner

Untuk dapat meng-uninstall banyak aplikasi sekaligus, Anda memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master / Phone Cleaner. Selain dapat menghapus beberapa aplikasi sekaligus, aplikasi besutan Apps Clean yang satu ini menawarkan fitur cukup lengkap. Mulai dari Phone Booster, Junk Cleaner, Antivirus, Security, CPU Cooler, Battery Saver, dan masih banyak lagi.

Apabila Anda mengunduh aplikasi ini di Google Play Store, ketik “Phone Cleaner – Android Clean”. Namun apabila Anda akan mengunduh melalui toko aplikasi lain, ketik “Clean Master” di kolom pencarian. Jika sudah ter-install, buka aplikasi lalu pilih menu “tools”. Setelah itu pada opsi “free up space”, klik pada “app manager”.

Selanjutnya akan tertera seluruh aplikasi yang terpasang pada smartphone Anda, yang diurutkan berdasarkan waktu terakhir kali aplikasi terpasang pada ponsel Anda.

Selanjutnya pilih aplikasi mana saja yang ingin dicopot pemasangan dengan meng-klik aplikasi hingga muncul tanda ceklis hijau, klik “uninstall”. Nantinya akan muncul pop up peringatan jumlah aplikasi yang akan dicopot pemasangan beserta jumlah ukuran, klik “ok” untuk menghapus.

2. Aplikasi Cx File Explorer

Cx File Explorer
Cx File Explorer
Developer: Cx File Explorer
Price: Free

Selain menggunakan aplikasi Clean Master, Anda juga dapat meng-install aplikasi Cx File Explorer sebagai salah satu cara menghapus banyak aplikasi Android sekaligus. Memiliki rating hampir sempurna, aplikasi ini dapat Anda download secara gratis di Google Play Store.

Pertama-tama install aplikasi terlebih dahulu di smartphone Anda, buka Google Play Store dan ketik “Cx File Explorer” di kolom pencarian. Setelah berhasil terpasang di perangkat Android Anda, jalankan aplikasi. Pada halaman terdepan di opsi menu “local”, klik “apps”.

Selanjutnya akan tertera seluruh aplikasi yang ada di smartphone Anda. Pilih aplikasi mana saja yang ingin Anda copot pemasangan dengan meng-klik aplikasi hingga muncul tanda ceklis.

Setelah itu klik pada ikon tempat sampah untuk meng-uninstall seluruh aplikasi yang telah Anda pilih tersebut. Nantinya Anda akan diminta untuk meng-klik “ok” sesuai dengan jumlah aplikasi yang Anda copot hingga seluruh aplikasi berhasil terhapus.

3. Aplikasi Easy Uninstaller

Easy Uninstaller -Deinstaller
Easy Uninstaller -Deinstaller

Aplikasi yang memang dirancang khusus untuk mencopot pemasangan banyak app sekaligus dalam satu waktu ini memiliki antarmuka sederhana dan mudah dipahami. Selain untuk mencopot pemasangan, Anda juga dapat melihat penggunaan baterai dan penggunaan aplikasi dengan Easy Uninstaller ini.

Pertama-tama buka Google Play Store, ketik “Easy Uninstaller App Uninstall” pada kolom pencarian. Setelah berhasil ter-install, buka aplikasi dan klik tombol “start using now” untuk memulai menjalankan aplikasi.

Selanjutnya akan ditampilkan seluruh aplikasi yang terpasang di smartphone Anda. Pilih aplikasi mana saja yang ingin Anda uninstall dengan mengklik aplikasi hingga muncul tanda ceklis hijau. Jika sudah, klik pada perintah “uninstall” yang terletak di bagian bawah. Tunggu beberapa saat hingga proses pencopotan aplikasi selesai.

4. Aplikasi Titanium Backup

Untuk dapat menggunakan Titanium Backup, Anda perlu memberikan izin root pada perangkat Android Anda agar aplikasi dapat berjalan dengan optimal. Aplikasi yang dikembangkan oleh Titanium Track ini telah diunduh lebih dari 370 ribu pengguna, dengan bintang 4 dan banyak mendapatkan review positif.

Pertama-tama install aplikasi dengan mengunduhnya di Google Play Store, ketik “Titanium Backup” di kolom pencarian. Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi dan berikan izin root agar aplikasi dapat berjalan dengan optimal.

Selanjutnya klik pada ikon “batch” yang terletak di sudut kanan atas. Scroll ke bawah dan klik pada “run” yang terletak di sebelah “uninstall all user apps”.

Langkah selanjutnya Anda diminta untuk memilih beberapa aplikasi yang ingin Anda copot pemasangannya, lalu klik “run”. Tunggu beberapa saat hingga Titanium Backup meng-uninstall seluruh aplikasi yang tidak Anda butuhkan.

5. Aplikasi System App Remover

System App Entferner (root needed)
System App Entferner (root needed)

Tak jauh berbeda dengan aplikasi Titanium Backup yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi System App Remover juga mengharuskan penggunanya untuk melakukan root pada perangkat smartphone mereka. Tidak hanya menghadirkan fitur menghapus banyak aplikasi sekaligus, System App Remover juga dapat digunakan untuk memindahkan aplikasi ke SDcard hingga memindahkan aplikasi ke penyimpanan internal.

Pertama-tama install aplikasi terlebih dahulu di Google Play Store, ketik “System App Remover” pada kolom pencarian. Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi. Nantinya akan muncul pop up peringatan yang meminta perizinan akses root perangkat ponsel Anda, klik “grant” untuk melanjutkan.

Selanjutnya pilih aplikasi mana saja yang ingin Anda hapus. Setelah itu klik “uninstall”, pada pop up peringatan pilih “yes” untuk menyetujui pencopotan pemasangan. Tunggu hingga proses uninstall selesai.

Bisakah Menghapus Aplikasi Bloatware?

Aplikasi bloatware merupakan aplikasi bawaan yang telah terpasang pada perangkat Android tanpa perlu proses install terlebih dahulu, karena pabrik pembuatlah yang menyematkan aplikasi-aplikasi tersebut. Tak jarang aplikasi bawaan yang telah ada di ponsel Anda kegunaannya tidak begitu penting, sehingga Anda memutuskan untuk mencopot pemasangan aplikasi tersebut.

Bahkan terkadang aplikasi tersebut justru dapat memberikan dampak negatif pada ponsel, karena berpotensi menyebabkan terjadinya serangan peretasan. Lantas apakah bisa meng-uninstall aplikasi bloatware tersebut?

Rupanya beberapa aplikasi uninstaller yang telah disebutkan diatas juga dapat digunakan untuk mencopot pemasangan aplikasi bloatware di perangkat Anda. Sehingga Anda dapat mencoba untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak diperlukan sekaligus dalam satu waktu.

Cara Menghapus Banyak Aplikasi Android Sekaligus

Pentingnya Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Menghapus beberapa aplikasi yang dirasa tak diperlukan rupanya menjadi hal penting yang patut Anda perhatikan. Pasalnya, terlalu banyak aplikasi yang terpasang di smartphone Anda dapat memberikan dampak buruk bagi perangkat ponsel.

Salah satu alasannya adalah karena dapat memenuhi memori internal ponsel. Smartphone yang terisi oleh banyak aplikasi tentu membuat kapasitas memori penyimpanan semakin menipis, sehingga tak heran apabila smartphone sering lemot dan nge-lag sewaktu-waktu. Terlebih aplikasi bloatware yang juga cukup banyak menguras ruang penyimpanan perangkat Android Anda.

Itulah informasi mengenai cara menghapus banyak aplikasi Android sekaligus yang bisa therantnation.com sampaikan. Dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting, memori penyimpanan ponsel pun akan semakin lega dan kinerja smartphone dapat berjalan dengan optimal kembali.