3 Cara Menghapus Data Cache di HP OPPO dengan Mudah dan Cepat

Cara Menghapus Data Cache di HP OPPO – therantnation.com. Pada saat smartphone OPPO Anda telah lama digunakan, tidak jarang akan mengalami penurunan performa. Namun, penurunan performa tersebut dapat Anda cegah dengan cara menghapus cache HP OPPO yang sudah menumpuk.

Perlu diketahui, menumpuknya cache tersebut dapat membuat kinerja HP menjadi lebih berat sehingga dapat membuat kinerjanya menurun dan lambat. Lalu, bagaimanakah cara menghapus data cache di HP OPPO? Untuk jawabannya, langsung saja simak informasi di bawah ini.

3 Cara Menghapus Data Cache Di Hp Oppo Dengan Mudah

Apa Itu Pengertian Cache?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cache, tentu akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu cache. Secara umum, cache merupakan jenis data sementara yang tersimpan pada internal memori HP Anda. Data tersebut berisi tentang catatan aktivitas Anda pada sistem atau aplikasi yang sudah digunakan.

Sebagai contoh, Anda membuka mesin pencarian pada HP OPPO. Kemudian, Anda masuk ke laman Facebook dan melakukan log in. Nah, semua data yang telah Anda catatkan tadi akan secara otomatis tersimpan dalam data cache. Dengan begitu, pada saat Anda ingin kembali mengakses Facebook melalui mesin pencarian lagi, maka Anda tidak perlu kembali menuliskan alamat website, username, dan password.

Bagaimana bisa? Hal tersebut dapat terjadi karena data-data yang sudah Anda catatkan pada aktivitas sebelumnya telah tercatat di data cache. Dengan begitu, Anda tidak perlu untuk kembali menuliskan dan mengisi data-data yang tersimpan di data sementara atau cache.

Cara Menghapus Data Cache di HP OPPO dengan Cepat dan Benar

Untuk menghapus data cache di HP OPPO sebenarnya tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghapus data sementara atau cache di HP OPPO menggunakan fitur manager telepon.

1. Langkah Hapus Cache dengan Sistem ColorOS Terbaru

  • Pertama, Anda dapat buka terlebih dahulu aplikasi Manager Telepon yang ada di HP OPPO Anda.
  • Kemudian, Anda dapat pilih Bersihkan Memori.
  • Langkah berikutnya, Anda dapat menekan tombol Semua Data Cache Aplikasi.
  • Setelah itu dapat dipilih aplikasi mana yang mempunyai data cache yang cukup besar. Untuk memudahkan dalam menghapus data cache, Anda dapat langsung pilih saja untuk menghapus semua.
  • Jika sudah, Anda dapat pilih Hapus untuk mulai menghapus data cache.
  • Secara otomatis, data cache dari aplikasi tersebut akan dihapus dan proses tersebut tidak dapat dibatalkan.

Sebagai tambahan, cara menghapus data cache di atas hanya dapat dilakukan pada sistem ColorOS terbaru di HP OPPO. Jadi, untuk sistem ColorOS yang lama dapat menyesuaikan dengan opsi-opsi yang terdapat di menu manajer telepon masing-masing versi ColorOS HP OPPO.

2. Langkah Hapus Cache dengan Sistem ColorOS 3.0

Bagi Anda yang menggunakan HP OPPO dengan sistem ColorOS 3.0, Anda dapat mengikuti langkah dan cara berikut ini.

  • Pertama-tama, bukalah aplikasi fitur Manager Telepon.
  • Kemudian, pilih Pusat Keamanan.
  • Setelah itu dapat pilih Bersihkan & Percepat.
  • Jika sudah, langsung saja pilih menu Bersihkan untuk memulai proses menghapus data cache.

3. Langkah Hapus Cache dengan Sistem ColorOS 3.1 dan 3.2

Untuk Anda yang menggunakan HP OPPO dengan sistem ColorOS 3.1 dan 3.2, Anda dapat menggunakan langkah-langkah dan cara seperti di bawah ini.

  • Langkah pertama, bukalah menu atau fitur Manager Telepon di HP OPPO milik Anda.
  • Kemudian, Anda dapat pilih menu Bersihkan & Percepat.
  • Langkah terakhir, Anda dapat tap pada menu Bersihkan untuk memulai proses menghapus data cache.

Mengapa Harus Menghapus Cache Pada Hp Oppo

Mengapa Harus Menghapus Cache pada HP OPPO?

Seperti yang sudah disinggung di awal, file cache yang menumpuk dapat membuat kinerja smartphone menjadi lebih berat. Untuk itu, agar dapat meringankan beban kinerja smartphone, Anda wajib untuk menghapusnya. Membersihkan cache juga dapat membuat ruang penyimpanan lebih lega dan sistem aplikasi smartphone dapat memperoleh penyegaran.

Sebaliknya, pembiaran data cache yang terlalu banyak seringkali menjadi sumber terjadinya masalah pada smartphone Anda. Umumnya, smartphone dengan data cache yang menumpuk akan membuat aplikasi di dalamnya tidak bekerja dengan baik seperti seharusnya. Untuk itu, dibutuhkan penyegaran aplikasi dengan cara menghapus data cache tersebut.

Beruntungnya, bagi Anda pengguna smartphone OPPO, pada HP tersebut sudah diberikan fitur bawaan bernama Manager Telepon. Fitur tersebut dapat digunakan untuk menghapus data cache atau data sementara yang ada di HP OPPO Anda.

Itulah tadi cara mudah untuk menghapus data cache di HP OPPO dari therantnation.com sesuai sistem ColorOS yang akan diterapkan. Dengan data cache yang terkontrol dan tidak terlalu menumpuk, maka penyimpanan HP Anda dapat menjadi lebih lega sehingga kinerja smartphone bisa lebih baik lagi.