Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme – therantnation.com. Menyembunyikan aplikasi tertentu dalam HP terkadang merupakan suatu hal yang dibutuhkan. Dalam hal ini, tak terkecuali juga bagi Anda yang menggunakan HP Realme. Kabar baiknya adalah terdapat cara yang bisa kita lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Realme secara mudah dan tidak butuh waktu lama.

Terdapat beberapa tujuan mengapa kita ingin menyembunyikan aplikasi di HP Realme. Bagi para orang tua, salah satunya adalah untuk membatasi durasi penggunaan ponsel pada anak-anak mereka. Untuk itu, pada artikel kali ini akan diberikan uraian mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan aplikasi tertentu di ponsel Realme, yakni sebagai berikut.

Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Realme Dengan Mudah

Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme dengan Mudah

Salah satu kecanggihan smartphone Realme adalah kemampuannya untuk menyembunyikan aplikasi. Pada sebagian ponsel seluler zaman dulu biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan penggunaan aplikasi dari pihak ketiga. Untuk itu, selanjutnya akan kita bahas bagaimana menyembunyikan aplikasi tertentu di smartphone Realme, baik yang menggunakan sistem antar muka Realme UI maupun ColorOS UI.

Namun begitu ada hal yang mungkin tidak boleh dilewatkan. Sebelum melakukan pengaturan untuk menyembunyikan aplikasi tertentu, kita harus melakukan pengaturan sandi privasi untuk HP Realme kita terlebih dahulu. Caranya juga cukup mudah.

Untuk mengatur sandi privasi tersebut kita bisa menuju pada menu Pengaturan atau Settings. Setelah itu kita bisa memilih menu dengan nama “Sidik Jari, Wajah dan Sandi”. Setelah masuk ke dalam menu tersebut, terdapat menu “Atur Kata Sandi Privasi” yang bisa kita pilih.

Pada menu terakhir ini, terdapat beberapa pilihan untuk mengatur kata sandi kita. Anda bisa memilih jenis sandi privasi sesuai dengan yang Anda inginkan.

1. Membuka Menu Pengaturan atau Settings

  • Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mengakses menu Pengaturan atau Settings pada ponsel Realme kita.
  • Dalam hal ini, apakah smartphone Realme yang kita pakai menggunakan sistem antar muka Realme UI ataupun menggunakan sistem ColorOS, hal tersebut sama saja. Apa pun versi dan tipenya, cara ini bisa digunakan.

2. Memilih Menu Privasi atau Keamanan

  • Setelah kita masuk pada menu Pengaturan, akan terdapat banyak pilihan menu lanjutan yang bisa dipilih.
  • Disini kita harus memilih menu Privasi.
  • Dalam hal ini, mungkin pada tipe tertentu HP Realme menu ini tidak dapat ditemukan. Untuk itu, kita bisa memilih menu lain untuk diakses, yakni menu Keamanan.

3. Memilih Fitur Kunci Aplikasi

  • Setelah masuk pada menu Privasi atau Keamanan, selanjutnya akan terdapat beberapa menu pilihan lanjutan.
  • Kita pilih saja menu atau fitur dengan nama “Kunci Apli” atau “Kunci Aplikasi”.
  • Ketika mencoba mengakses menu ini, biasanya kita akan diminta untuk memasukkan kata sandi privasi yang sudah dibuat. Disini cukup ketikkan kata sandi tersebut.

4. Memilih Aplikasi yang akan Disembunyikan

  • Setelah memasukkan kata sandi, selanjutnya pada layar akan ditampilkan daftar berbagai aplikasi yang terdapat di dalam ponsel kita. Pada bagian kanan dari tiap aplikasi tersebut terdapat ikon kotak putih atau kotak kosong.
  • Untuk memilih aplikasi apa saja yang ingin disembunyikan, kita cukup menyentuh atau mencentang kotak tersebut.
  • Setelah memilih jenis-jenis aplikasi yang diinginkan, selanjutnya kita tekan tombol Kunci yang terletak di bagian bawah layar.
  • Kemudian akan muncul pop-up yang akan memberikan pilihan apakah kita ingin menggunakan sidik jari atau pengenalan wajah untuk membuka aplikasi ini nanti. Kita bisa memilihnya dengan menyentuh tombol “Gunakan”.

5. Menyembunyikan Ikon Aplikasi di Layar Depan

  • Masih dalam menu “Kunci Aplikasi”, sekarang kita sentuh aplikasi yang sudah dikunci tadi. Aplikasi yang sudah dikunci ini akan diberi tanda seperti gembok pada bagian samping kanannya.
  • Setelah itu kita aktifkan opsi “Sembunyikan Ikon Layar Depan” agar aplikasi ini tidak terlihat di beranda smartphone kita. Kita dapat mengaktifkan opsi ini dengan menyentuhnya ke arah kanan sampai warna latar belakangnya berubah menjadi hijau. Perubahan warna ini menandakan bahwa opsi tersebut sedang aktif atau diaktifkan.

6. Menetapkan Nomor Akses

  • Setelah mengaktifkan opsi untuk menyembunyikan ikon aplikasi di layar depan, akan muncul pop-up yang memberikan pilihan untuk menetapkan nomor akses atau tidak.
  • Meskipun bersifat opsional, kita sebaiknya memilih opsi untuk menetapkan nomor akses dengan menekan “Tetapkan nomor akses”. Pasalnya langkah ini cukup penting apabila kita baru pertama kali menyembunyikan ikon aplikasi di layar depan ponsel Realme kita.

Baca : Cara Setting APN Semua Operator di HP Android

Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Realme Yg Mudah

7. Mengatur Nomor Akses

  • Setelah kita memilih opsi untuk menetapkan nomor akses, selanjutnya kita akan dibawa pada tampilan layar berbentuk dial pad dimana kita bisa mengetikkan nomor akses yang diinginkan.
  • Pada langkah ini, kita akan diberi penjelasan untuk memulai dan mengakhiri nomor akses pilihan dengan tanda pagar (#). Adapun nomor akses yang bisa dipilih memiliki jumlah yang dapat disesuaikan antara sebuah angka sampai 16 angka. Dalam bentuk dial pad ini, diberikan contoh seperti ini: #123456789#.
  • Setelah kita mengatur nomor akses sesuai dengan yang diinginkan, selanjutnya kita bisa menyentuh tombol “Selesai” di bagian pojok kanan atas layar untuk menyimpan pengaturan.
  • Setelah itu kita sentuh lagi tombol selesai guna menyimpan pengaturan untuk menyembunyikan ikon di layar depan.

Sampai langkah ini, sekarang aplikasi-aplikasi tertentu yang ingin disembunyikan di HP Realme sudah tidak akan terlihat lagi di layar depan. Namun apabila kita juga ingin agar aplikasi ini tidak terlihat di daftar aplikasi yang baru saja digunakan, kita bisa menjalankan langkah di bawah ini.

8. Menyembunyikan Aplikasi di Tugas Terkini

  • Pada menu “Kunci Aplikasi” terdapat 3 pilihan atau opsi, yakni “Sembunyikan Ikon Layar Depan”, “Jangan Tampilkan di Tugas Terkini”, dan “Jangan Tampilkan Notifikasi”. Untuk menyembunyikan aplikasi di menu Tugas Terkini atau Recent Apps, kita bisa mengaktifkannya dengan mengusap tombol “Jangan Tampilkan di Tugas Terkini” ke kanan.
  • Setelah itu biasanya warnanya akan menjadi hijau yang menandakan bahwa opsi ini sekarang sudah aktif. Aplikasi-aplikasi tersembunyi yang baru saja kita gunakan tidak akan ditampilkan pada menu Recent Apps.

9. Menyembunyikan Notifikasi Aplikasi

  • Nah pada menu “Kunci Aplikasi” tadi, juga terdapat opsi “Jangan Tampilkan Notifikasi”. Dalam hal ini, memang biasanya beberapa aplikasi akan memunculkan notifikasi khusus di layar ponsel kita untuk memberitahukan pesan atau informasi tertentu.
  • Apabila opsi ini diaktifkan maka pemberitahuan atau notifikasi tersebut juga akan ikut disembunyikan.
  • Untuk melakukannya juga cukup mudah. Kita tinggal mengusap opsi tersebut ke sebelah kanan. Setelah aktif, opsi ini juga akan memiliki latar berwarna hijau.

Demikianlah cara yang dapat kita lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Realme. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa smartphone Realme menawarkan banyak opsi untuk mengatur aplikasi-aplikasi yang terdapat di dalamnya.