10 Penyebab WiFi Lemot yang Bikin Kesal dengan Solusi Terbaik

Penyebab WiFi Lemot – therantnation.com. Koneksi internet seperti WiFi dianggap menjadi sebuah kebutuhan bagi semua orang, karena tanpa adanya internet aktivitas berselancar di dunia maya hingga streaming film favorit dapat terhambat. Pernahkah Anda merasa kesal saat sedang asyik streaming film namun tiba-tiba koneksi WiFi melambat?

Pasti Anda bertanya-tanya apa sebenarnya kenapa penyebab WiFi lemot. WiFi yang lambat atau lemot memang membuat kesal, karena koneksi internet yang lambat dapat menghambat aktivitas seperti browsing yang tidak lancar, streaming video tersendat, hingga terjadi lag ketika bermain game. Namun apa sebenarnya penyebab WiFi lemot secara tiba-tiba?Penyebab Wifi Lemot Yang Kadang Tidak Kita Sadari

10 Penyebab WiFi Lemot padahal Sinyal Full atau yang Lain

Untuk penyebab wifi lemot sendiri pasti banyak yang bertanya kenapa dan cara mengatasi yang benar. Terlebih untuk koneksi di hp, biasanya akan sangat terasa sekali dibandingkan yang terhubung ke PC/Laptop via kabel. Jaringan internet lambat menyebabkan dan membuat orang kesal serta emosi. Maka dibutuhkan jalan keluar yang terbaik.

Yuk kita kupas semuanya tentang WiFi lemot padahal sinyal full, WiFi lemot padahal taat bayar dll dibawah ini.

1. WiFi Mati

Sebelum berasumsi jaringan WiFi tiba-tiba lemot, ada baiknya terlebih dahulu periksa pengaturan WiFi Anda apakah masih dalam kondisi aktif ataukah mati. Karena bukan tidak mungkin jaringan WiFi tiba-tiba mati dengan sendirinya tanpa sebab yang pasti, untuk itu hal pertama yang perlu Anda periksa adalah apakah WiFi benar-benar dalam kondisi menyala atau tidak.

2. Posisi Router Terlalu Rendah

Meskipun terlihat sepele, posisi router WiFi rupanya dapat menentukan kualitas jaringan. Agar sinyal WiFi dapat tertangkap dengan baik, tempatkan router di posisi tinggi, misalnya di atas jendela atau di atas lemari. Hindari menempatkan router di posisi rendah misalnya di lantai ataupun kolong meja, karena dapat membuat pancaran sinyal router sulit ditangkap oleh perangkat yang akan terhubung kuat.

3. Posisi Router Terlalu Jauh

Selain terlalu rendah, posisi router yang terlalu jauh pun dapat menyebabkan jaringan WiFi menjadi lemot. Prinsipnya adalah semakin jauh posisi perangkat yang akan terhubung dengan router, maka sinyal yang diterima pun akan semakin melemah. Namun apabila tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan repeater agar jangkauan WiFi dapat bertambah kuat dan luas.

4. Posisi Router Berada di Ruangan Tertutup

Router yang ditempatkan di ruangan tertutup juga dapat berpengaruh pada sinyal yang dihasilkan. Karena semakin tertutup ruangan tersebut, sinyal WiFi yang dipancarkan pun semakin terhalang. Misalnya Anda meletakkan router di kamar tidur dengan posisi terhalang oleh dinding tebal, tak heran jika pancaran sinyal WiFi sangat lemah. Untuk itu tempatkan router di ruangan terbuka misalnya ruang tamu ataupun ruang tengah.

5. Router Rusak

Jika berbicara mengenai WiFi, router menjadi perangkat penting dan utama yang perlu diperhatikan agar dapat memancarkan sinyal yang kuat. Apabila terjadi kerusakan atau masalah pada router, tentu dapat berdampak pada jaringan internet yang bermasalah. Jadi pastikan kondisi router Anda semua dalam keadaan yang baik-baik saja.

6. Provider Bermasalah

Tak hanya router yang berperan penting dalam koneksi jaringan WiFi, ISP (Internet Service Provider) atau penyedia jaringan internet juga memiliki peran penting sebagai penyedia jaringan WiFi. Apabila terjadi masalah pada ISP, bukan tak mungkin WiFi menjadi lemot atau bahkan tidak dapat terhubung dengan internet sama sekali.

Jika terjadi masalah pada ISP, Anda dapat menghubungi pihak ISP untuk memberitahukan perihal masalah yang Anda alami. Agar segera dilakukan pemeriksaan dan juga penanganan yang tepat dan terukur dengan baik.

7. Banyak Pengguna Terhubung

Terlalu banyak orang yang menggunakan WiFi juga dapat berpengaruh pada jaringan WiFi yang tiba-tiba menjadi lemot. Karena meskipun WiFi memang didesain untuk dapat digunakan oleh banyak orang, namun kenyataannya WiFi yang dipakai banyak orang juga dapat memengaruhi kualitas sinyal yang diterima oleh masing-masing perangkat yang terhubung.

Dari sini maka bisa disimpulkan semakin banyak perangkat yang terhubung, maka akan semakin lambat pula koneksi yang disalurkan. Terlebih banyak perangkat yang membutuhkan pembaharuan aplikasi atau software, maka bisa dipastikan koneksinya bakal tambah lemot parah.

8. Kabel LAN Bermasalah

Jika Anda tidak menemukan masalah pada bagian router, mungkin saja penyebabnya terletak pada kabel LAN yang bermasalah. Cobalah untuk memperhatikan kembali apakah kabel LAN sudah benar-benar tersambung dengan baik, apakah kabel LAN longgar, atau apakah terdapat kesalahan ketika memasukkan kabel LAN ke dalam port.

9. Sedang Mengunduh File Besar

Aktivitas download atau mengunduh rupanya dapat berpengaruh pada kondisi jaringan WiFi. Misalnya Anda atau orang lain yang tersambung pada WiFi yang sama sedang men-download suatu file yang berukuran cukup besar. Secara otomatis bandwith akan berfokus agar dapat mengunduh dengan cepat, sehingga menyebabkan aktivitas yang terhubung dengan internet lainnya menjadi lemot.

10. Melebihi Batas FUP

Tak banyak yang mengetahui bahwa FUP atau Fair Usage Policy dapat berpengaruh pada kuat tidaknya jaringan WiFi. FUP sendiri merupakan kebijakan yang mengatur penggunaan internet yang melebihi batas, sehingga apabila kecepatan internet Anda melebihi batas FUP secara tak langsung kecepatan internet akan dikurangi.

Tips Mengatasi Wifi Lemot

Tips Mengatasi WiFi Lemot yang Mudah dan Berhasil

Setelah mengetahui penyebab WiFi lemot, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana mengatasi sinyal WiFi yang lemot tiba-tiba. Tentunya agar semakin lengkap rasanya apabila ada masalah, lalu diberikan solusi terbaiknya. Yuk kita simak dibawah.

1. Mengubah Bandwith

Anda dapat mengatur setting-an dari bandwith WiFi agar frekuensi yang dipancarkan lebih besar sehingga kecepatan internet pun stabil dan maksimal. Dengan pengaturan tersebut diharapkan akan mengatasi masalah yang sedang Anda alami.

2. Memilih Provider Terpercaya

Apabila kini Anda masih menggunakan provider abal-abal sehingga membuat jaringan WiFi lemot, ada baiknya untuk mengganti provider dengan yang lebih terpercaya. Sebab dengan menggunakan provider yang bagus maka biasanya pelayanan dan jasanya akan sangat berbeda dengan yang abal-abal atau asal-asalan.

3. Merubah Posisi Antena Router

Posisi antena yang benar atau salah dari router rupanya juga dapat memengaruhi kualitas sinyal yang dipancarkan. Karena itulah Anda dapat mencoba untuk memiringkan antena ke kiri atau ke kanan, agar sinyal yang dipancarkan semakin kuat. Serta menjauhkan posisi router tentu jangkauan akan menjadi lemah dan sinyal menjadi berkurang.

4. Menjauhkan Router Dari Perangkat Elektronik

Terdapat beberapa perangkat elektronik yang dapat mengganggu kelancaran sinyal WiFi, sebut saja telepon tanpa kabel, lampu LED, microwave, bahkan koneksi bluetooth. Karena itulah Anda dapat menempatkan router di posisi yang jauh dari perangkat-perangkat tersebut.

5. Menggunakan Web Dengan Koneksi Hemat

Pemilihan browser juga dapat mendukung kecepatan internet, terlebih apabila Anda kerap berselancar di dunia maya dengan browsing menggunakan browser. Solusinya Anda dapat memilih menggunakan browser yang mendukung koneksi hemat dan tidak menyedot bandwith banyak data. Browser yang bisa Anda pilih misalnya Chrome dengan fitur “lite mode“, Opera Mini dengan fitur “Opera Turbo“, dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Mudah kan mengetahui penyebab WiFi lemot serta solusinya? Demikianlah artikel mengenai penyebab dari WiFi lemot yang wajib Anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat membantu menjawab pertanyaan Anda seputar jaringan WiFi serta mampu untuk menambah wawasan kita semua.