Private Number di HP Realme – therantnation.com. Sebagai pengguna HP Realme, mungkin di antara Anda ada yang bertanya-tanya apakah bisa melakukan panggilan telepon tanpa perlu menunjukkan nomor identitas pemanggil. Hal ini mungkin dilakukan untuk keperluan atau tujuan tertentu. Kabar baiknya ternyata dapat menggunakan fitur private number di HP Realme dengan cara yang mudah.

Private number sendiri adalah sebuah fitur yang terdapat dalam sebuah hp. Apabila diaktifkan, nomor identitas pengguna hp yang bersangkutan tidak akan terlihat pada layar ponsel penerima panggilan. Fitur ini juga didukung oleh berbagai operator seluler di tanah air. Untuk mengetahui cara menggunakan fitur private number di HP Realme, berikut ulasannya.

Cara Menggunakan Fitur Private Number Di Hp Realme Secara Manual

Cara Menggunakan Fitur Private Number di HP Realme Secara Manual

Terdapat tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur private number di HP Realme. Cara pertama adalah cara manual, yakni melakukan perubahan pada settings atau pengaturan hp. Pada cara kedua menggunakan kombinasi kode dan angka pada bagian dial up. Sementara untuk cara yang terakhir adalah dengan penggunaan aplikasi tertentu.

Untuk cara pertama, yakni cara manual, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Pertama-tama cari menu Dial Up atau Telepon pada HP Realme.
  2. Kemudian pilih dengan cara menyentuh ikon menu tersebut.
  3. Ketika menu ini sudah terbuka, selanjutnya harus mencari menu pengaturan pada menu ini. Posisinya terletak pada sebelah kiri bawah dengan ikon yang bersimbol seperti hamburger, yakni tiga garis horizontal yang menumpuk. Ketuk ikon ini.
  4. Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, masih harus memilih menu lagi. Menu selanjutnya adalah pengaturan lanjutan atau Advanced Settings. Pilih saja menu ini.
  5. Setelah itu, pada menu Advanced Settings, yang perlu di tuju adalah menu dengan nama Caller ID. Klik menu ini.
  6. Langkah yang terakhir, ketika sudah masuk pada menu Caller ID, pilih saja opsi untuk menyembunyikan nomor identitas seluler.
  7. Dalam hal ini, pilih opsi Hide Number.
  8. Selesai

Dengan setting seperti itu, selanjutnya tiap kali melakukan panggilan telepon, maka nomor identitas seluler dari hp tidak akan ditampilkan di layar hp penerima. Biasanya pada layar mereka akan muncul tulisan Private Number.

Baca : Cara Private Number di HP Samsung

Cara Menggunakan Fitur Private Number Dengan Kode Dan Angka Pada Menu Dial Up

Cara Menggunakan Fitur Private Number dengan Kode dan Angka pada Menu Dial Up

Cara kedua yang bisa digunakan agar nomor identitas seluler Anda tidak ditampakkan pada layar HP penerima adalah dengan menggunakan kombinasi kode dan angka pada menu Dial Up. Untuk melakukannya pun juga cukup mudah. Dalam hal ini terdapat 3 kombinasi kode yang bisa dicoba.

Untuk yang menggunakan XL, AXIS, Indosat, Smartfren, simPATI, Kartu AS dan LOOP tetap sama saja ya kodenya. Jadi silahkan untuk mencoba beberapa kode id menu dial up dibawah ini.

1. Menggunakan Kode #31# di Menu Dial UP

Kombinasi kode dan angka pertama yang bisa dicoba untuk menggunakan private number adalah #31#. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Pertama-tama cari menu panggilan atau Dial Up pada hp. Pilih menu tersebut.
  2. Kemudian setelah masuk ke menu ini, pada bagian papan angka ketikkan kode di atas, yakni #30#.
  3. Setelah itu, ketikkan nomor hp tujuan yang akan dipanggil. Nomor ini ditulis menyambung dengan kode sebelumnya. Atau dengan kata lain, ditulis tanpa spasi.
  4. Setelah itu, tinggal tekan tombol Call untuk menjalankan panggilan telepon.
  5. Dengan cara ini, sekarang nomor hp Anda tidak akan ditampilkan di layar HP penerima alias disembunyikan.

2. Menggunakan Kombinasi Kode dan Angka *67

Kode kedua yang bisa digunakan untuk mengaktifkan private number ini adalah kombinasi kode dan angka *67. Untuk menggunakannya, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Pertama-tama masuk terlebih dahulu ke dalam menu telepon atau menu panggilan pada hp.
  2. Setelah itu, tulis atau ketikkan nomor telepon yang ingin dihubungi pada papan angka. Anda juga bisa langsung mengakses atau menyalinnya dari buku telepon.
  3. Kemudian setelah selesai dituliskan, Anda pindah lagi ke bagian awal, yakni sebelum angka pertama nomor telepon tersebut. Ketik kode di atas, yakni *67, tanpa spasi alias menyatu dengan nomor telepon yang hendak dituju.
  4. Selanjutnya tinggal menekan tombol Call untuk menjalankan panggilan.
  5. Sekarang nomor Anda akan tersembunyi saat berada dalam panggilan tersebut.

3. Menggunakan Kode #20#

Kode yang ketiga untuk mengaktifkan private number di hp Realme adalah #20#. Sama dengan langkah-langkah sebelumnya, untuk menggunakannya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk terlebih dahulu ke dalam menu panggilan atau menu telepon.
  2. Kemudian ketikkan kode #20# pada bagian papan angka.
  3. Setelah itu, ketikkan nomor telepon tujuan yang ingin dihubungi. Tuliskan secara bersambung dengan kode sebelumnya alias tanpa spasi.
  4. Tekan tombol Call untuk membuat panggilan.
  5. Sekarang nomor Anda sudah tidak tertera lagi di layar ponsel penerima panggilan.

Untuk ketiga kombinasi kode di atas, berikut contoh penggunaannya. Katakanlah Anda akan melakukan panggilan terhadap nomor telepon 08123456789. Agar dapat menggunakan fitur ini, pada bagian depannya Anda tambahkan salah satu kode di atas.

Apabila ditambahkan kode #31# maka nomor telepon tersebut akan menjadi #31#08123456789. Sedangkan jika ditambahkan kode *67 maka akan menjadi *6708123456789. Demikian pula apabila ditambahkan kode #20#, yang akan menjadi #20#08123456789.

Baca : Cara Private Number di HP Xiaomi

Cara Menggunakan Fitur Private Number Dengan Aplikasi Khusus

Cara Menggunakan Fitur Private Number dengan Aplikasi Khusus

Fitur private number pada hp juga dapat diaktifkan dengan penggunaan aplikasi tertentu. Dalam hal ini, salah satu aplikasi yang dapat digunakan bernama Hide Phone Number Caller ID yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store. Adapun cara untuk menggunakan aplikasi tersebut adalah seperti berikut ini.

  1. Unduh aplikasi ini dari Google Play Store. Setelah selesai kemudian install.
  2. Selanjutnya buka aplikasinya. Aplikasi ini akan memberikan tampilan yang sama dengan menu panggilan pada hp seluler.
  3. Setelah itu, ketikkan nomor telepon yang ingin dihubungi pada papan angka dalam aplikasi Hide Phone Number Caller ID ini.
  4. Tekan Call untuk melakukan panggilan. Dalam hal ini, apabila terdapat beberapa masalah dalam melakukan panggilan, bisa masuk ke dalam menu Select Different Prefix untuk mencoba opsi lainnya.

Dalam hal ini, mungkin tidak semua operator seluler mendukung aplikasi tersebut. Jadi pada beberapa kartu fitur private number tidak bisa diaktifkan dengan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini termasuk aman sehingga tidak perlu khawatir dengan data-data dalam hp Anda .

Demikianlah tiga cara untuk menggunakan fitur private number di HP Realme. Anda bisa memilih salah satu dari cara di atas untuk merahasiakan nomor identitas seluler ketika melakukan panggilan sesuai dengan kenyamanan Anda dalam menggunakannya.